Pertanyaan :
1. Apakah yang saudara ketahui tentang pengertian
Manajemen ? jelaskan pula tentang pengertian Manajer ?
2. Jelaskan tentang langkah2 perencanaan ? Siapa
yang membuat perencanaan dalam suatu perusahaan ?
3. Coba saudara uraikan mengenai langkah-langkah
pengorganisasian , sebagaimana yang tercakup dalam proses pengorganisasian ?
4. Apa yang dimaksud dengan actuating ?
5. Jelaskan tentang Komunikasi Informal ?
6. Sebutkan langkah-langkah atau proses untuk
menjalankan pengawasan ?
7. Jelaskan pula tentang, pengawasan langsung,
pengawasan tidak langsung dan pengawasan berdasarkan kekecualian ?
SOAL KASUS
Manajemen
adalah suatu proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui aktivitas
perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengendalian sumber daya
manusia dan phisik dari organisasi tersebut. Apabila Saudara seorang manajer
yang melaksanakan manajemen suatu perusahaan, kemudian perusahaan saudara
membuat rencana pengembangan perusahaan yaitu dengan perencanaan membuat anak
perusahaan.
Pertanyaan :
Pertanyaan :
Kaitannya
dengan rencana pengembangan tersebut, coba saudara jelaskan hal2 atau langkah2
apa saja yang akan
saudara laksanakan !!. Jelaskan mengenai langkah2
perencanaan yang
Saudara
ketahui
11. Manajement
adalah suatu proses koordinasi yang
meliputi proses perencanaan , pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian
dalam suatu organisasi dengan memanfaatkan sumber daya dan teknologi untuk
mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan.
Manajer adalah
seseorang yang mengarahkan pekerjaan dalam suatu kelompok atau organisasi dan
bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
22. Langkah langkah
perencanaan :
1.
Penetapan tujuan
organisasi
Penetapan
tujuan merupakan tahap awal dari proses
perencanaan.Tujuan organisasi akan dijadikan arah bagi keputusan dan aktivitas
organisasi.
2.
Merumuskan
keadaan saat ini
Melihat
situasi dan kondisi perusahaan saait ini apakah sedang mengalami kegagalan atau
justru sebaliknya.
3.
Mengidentifikasi
segala dukungan dan kendala
Menganalisa
hal-hal apa saja yang akan mendukung dan hal-hal yang akan menjadi kendala
untuk keberhasilan dari perencanaan tersebut.
4.
Mengembangkan
rencana atau serangkaian kegiatan
Lingkungan
orang yang berubah memaksa aktivitas organisasi harus beradaptasi sehingga
harus mengembangkan rencana awal mengikuti keadaan.
5.
Mempertahankan
pengendalian
Memperhitungkan
berbagai permasalahan dan kendala dilapangan serta berbagai cara untuk
menanggulanginya.
Yang
membuat perencanaan dalam suatu perusahaan adalah seorang Manajer.
33. Langkah langkah
pengorganisasian sebagaimana yang tercakup dalam proses pengorganisasian yaitu :
1.
Merinci seluruh
pekerjaan yang harus dilaksankan untuk mencapai tujuan organisasi.
2.
Membagi beban
kerja ke dalam kegiatan-kegiatan yang secara logis dan memadai dapat dilakukan
oleh seseorang atau kelompok.
3.
Mengkombinasikan
pekerjaan anggota perusahaan dengan cara yang logis dan effesien.
4.
Penetapan
mekanisme untuk mengkoordinasi pekerjaan anggota organisasi dalam satu kesatuan
yang harmonis.
5. Memantau efektivitas organisasi dan mengambil
langkah-langkah penyesuaian untuk mempertahankan stabilitas perusahaan.
44. Actuacting
adalah suatu kegiatan dimana kita berusaha menggerakan anggota atau suatu
organisasi agar bersama sama bekerja dengan metode dorongan (Motivating), bimbingan
(leading) dan pengarahan (directing) untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan
.
55. Komunikasi
informal adalah komunikasi antara orang yang ada dalam suatu organisasi tetapi
tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi. Fungsinya
untuk memelihara hubungan persahabatan kelompok sosial kantor.
66. Langkah-langkah dalam menjalankan pengawasan
adalah :
1.
Menetapkan
standar
Karena perencanaan merupakan tolak ukur untuk
melakukan pengawasan, jadi langkah utama sebelum melaksanakan pengawasan adalah
menyusun perencanaan.
2.
Mengukur kinerja
Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi atau mengukur
kinerja yang dicapai terhadap standar yang telah ditentukan.
3.
Memperbaiki
penyimpangan
Kegiatan
ini adalah kegiatan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam suatu
kegiatan. Hala ini adalah yang terpenting dalam proses pengawasan.
77. Pengawasan
langsung ialah pengawasan yang dilakukan secara langsung oleh seorang manajer
sehingga dapat dilihat sendiri bagaimana hasil pekerjaan bawahannya apakah
sesuai dengan yang dikehendakinya.
Pengawasan tidak langsung ialah pengawasan dari
jarak jauh, pengawasan ini dilakukan melalui laporan yang disampaikan oleh
bawahanya baik secara lisan maupun tulisan.
Pengawasan kekecualian ialah system pengawasan
dimana pengawasan itu ditujukan kepada soal-soal kekecualian, jadi pengawasan
dilakukan apabila diterima laporan yang menunjukan adanya peristiwa yang
istimewa.
Soal kasus
Sebagai seorang manajer dan perusahaan berencana
akan membuat anak perusahaan hal-hal atau langkah-langkah yang harus
dilaksankan diantaranya :
1.
Melakukan survey
terhadap tempat/lokasi dimana akan dijadikannya anak perusahaan tersebut dan
perhatian serta peran masyarakat tentang rencan pembuatan anak perusahaan
tersebut.
2.
Perencanaan
dalam memdirikan suatu anak perusahaan harus memiliki suatu visi,misi dan
tujuan yang baik untuk kedepannya.
3.
Promosi, yaitu
langkah terakhir setelah berdirinya anak perusahaan tersebut. Promosi ditujukan
untuk menarik minat masyarakat dengan mengenalkan perusahaan tersebut kepada
semuanya melalui media masa, elektronik, dan sebagainya.
Nah demikian saudara saudara jawaban yang saya coba uraikan. Namun tentunya banyak jawaban yang masih kurang tepat dan bisa dibilang kurang berbobot. Saya menyadari akan hal tersebut karena kesempurnaan hanya milik Allah. Untuk itu Mohon Kritik dan Sarannya sebagai Bahan Revisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar