Kamis, 12 Desember 2013

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI


 PELAKSANAAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI KANTOR                                                                                                                                                PADA SUBBIDANG PRODUKSI PERKEBUNAN
DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT

LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)

Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan mengikuti
UN/US Tahun Ajaran 2012 / 2013


Disusun Oleh :
RODIMAN HERMANSYAH
NIS. 111210144



KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI I CIDAUN
CIANJUR
2013








LEMBAR PENGESAHAN
SMK NEGERI 1 CIDAUN


Menyetujui / Mengesahkan :



                                                                   Pembimbing
Prakerin






ANWAR SUBAGJA, SE.
NUPTK. 464475966120005







Mengetahui :

KEPALA SMK NEGERI 1 CIDAUN






SUPRIATNA, S.Pd,. M.Si
NIP. 19610916 198201 1 001
Ketua Program
ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP)





ANWAR SUBAGJA, SE.
NUPTK. 464475966120005
















LEMBAR PENGESAHAN

DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT

Menyetujui/Mengesahkan

Pembimbing / Instruktur
PRAKERIN


Ir. Hj. RaminahSetiawatiMsi
NIP. 19580605 198503 2 007


Kepala Bidang produksi Perkebunan


Ir. Hendy Jatnika,MM
NIP. 196110021986031010



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ..................................................................................         i
DAFTAR ISI..................................................................................................       iii
BAB I PENDAHULUAN .............................................................................        1
1.1         Latar Belakang......................................................................................        1
1.2          Landasan Hukum.................................................................................        2
1.3          Kegunaan Prakerin ..............................................................................       2  
1.4          Tujuan Prakerin.....................................................................................        2
1.5          Tujuan Penulisan ..................................................................................        3
1.6          Manfaat Prakerin .................................................................................        3
1.7          Harapan Yang Dicapai ........................................................................        3
1.8          Waktu dan Tempat...............................................................................        4
1.9          Sistematika Pembahasan ......................................................................        4  

BAB II KAJIAN PUSTAKA........................................................................        6
2.1          Definisi kantor......................................................................................        6
2.2          Fungsi Kantor.......................................................................................        7
2.3          Jenis-Jenis Pekerjaan Kantor................................................................        7
2.4          Definisi Peralatan Dan perlengkapan Kantor.......................................        8
2.5          Definisi Mesin-Mesin Kantor ..............................................................      11
2.6          Definisi Pelayanan Prima .....................................................................      12
2.7          Definisi Dan Unsur-Unsur Komunikasi...............................................      13
2.8          Pengertian Surat...................................................................................      14
2.9          Pengertian Dokumen Dan Dokumentasi..............................................      14
2.10      Definisi Proposal .................................................................................      15

BAB III OBJEK PRAKERIN......................................................................      16
3.1          Sejarah Panjang Lembaga Pengurusan Perkebunan.....................      16
3.2          Struktur Organisasi Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat................      21
3.3          Tugas Pokok Dan Wewenang Bidang Produksi..................................      23
3.4          Visi Dan MIsi.......................................................................................      27

BAB IV HASIL PRAKERIN DAN PEMBAHASAN...............................      29
4.1          Menggunakan Peralatan Dan PerlengkapanKantor .............................      29
4.2          Membuat Surat.....................................................................................      34
4.3          Mengelola Surat Masuk........................................................................      34

BAB V SIMPULAN DAN SARAN.............................................................     39
5.1          Simpulan...............................................................................................      39
5.2          Saran.....................................................................................................      40

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………      41           
DAFTAR LAMPIRAN
           
           


        
BAB I
PENDAHULUAN

1.1               LatarBelakang

PendidikanMenengahKejuruanmemilikiperanuntukmenyiapkanpesertadidik agar siapbekerja, baikbekerjasecaramandiri (wiraswasta) maupunmengisilowonganpekerjaan di perusahaan.Olehkarenaitu, arahpengembanganpendidikanmenengahkejuruandiorientasikanpadapemenuhanpermintaanpasarkerja.Secaramakroarahpengembanganpendidikanmenengahkejuruanmengacupadaprinsipdemand market.

SMK Negeri 1 Cidaunsebagaisalahsatuinstitusi yang menyiapkantenagakerja ,dituntutmampumenghasilkanlulusansebagaimana yang diharapkanolehduniakerja. Tenagakerja yang dibutuhkanadalahsumberdayamanusia yang memilikikopetensi di bidangadministrasi, memilikidayaadaptasisertadayasaing yang tinggi.Atasdasaritu,pengembangankurikulumdalamrangkapenyempurnaanpendidikanmenengahkejuruanharusdisesuaikandengankondisidankebutuhanduniakerja.

PendidikanPraktekKerjaIndustri (Prakerin) adalahpolapenyelenggaraandiklat yang dikelolabersama-samaantara SMK Negeri 1 Cidaundenganduniaindustri/asosiasiprofesisebagaiInstitusiPasangan (IP), mulaitahapperencanaan, pelaksanaan, hinggatahapevaluasidansertifikasi yang merupakansatukesatuan program. PolapendidikanPrakerinditerapkandalam proses penyelenggaraan SMKN 1Cidaundalamrangkalebihmenerapkanmutululusandengankemampuan yang dimintaolehduniausaha/industri.

1.2               LandasanHukumPraktekKerjaIndustri (Prakerin)
a.              Undang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional;
b.             PeraturanPemerintahNomor 29 Tahun 1990 tentangPendidikanMenengah;
c.              KeputusanMendikbud RI Nomor 323/U/1997 tentangPenyelenggaraanPendidikanSistemGandapadaSekolahMenengahKejuruan;
d.             KeputusanMenteriPendidikandanKebudayaanNomor 323/U/1997 tentangPenyelenggaraanPendidikansistemGandapadaSekolahMenengahKejuruan;
e.             Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentangsistempendidikannasional;
f.               Suratdirekturdikmenjur No. 3557/C4/T.94 tentanginformasiperbedaanperakerindenganpendidikansistemganda;
g.              RapatdinasKepalasekolahbesertadewan guru sertastaf TU SMK Negeri 1 Cidaun;

1.3              KegunaanPrakerin
KegiatanPraktekKerjaIndustri (PRAKERIN) inisangatmembantupenulisdalammeningkatkanmutudankualitasPendidikanbagiSekolahMenengahKejuruan (SMK).Denganinipenulisdapatmerasakandanbelajarlangsung di sebuahperusahaandanapabilasetelah lulusdariSekolahnantipenulistidakterlalukakulagidalammelakukanpekerjaankarenasebelumnyasudahdilaksanakanPraktekKerjaIndustrisebagaigambaranketikaakanmelakukansuatupekerjaan.

1.4               TujuanPrakerin
AdapuntujuanPraktekKerjaIndustri (Prakerin) antara lain:
a.         Menghasilkantamatan yang memilikipengetahuan, keterampilan, danetoskerja yang sesuaidengantuntutanlapanganpekerjaan;
b.        Menghasilkantamatan yang memilikipengetahun, keterampilan, dansikap yang menjadibekaldasarpembangunandirinyasecaraberkelanjutan;
c.         Memberipengakuandanpenghargaanterhadappengalamankerjasebagaibagiandari proses pendidikan;
d.        Meningkatkanefisiensipenyelenggaraanpendidikanmenengahkejuruanmelaluipendayagunaansumberdayapendidikan yang ada di duniakerja;

1.5          TujuanPenulisan
                        Tujuanpenulisanlaporaninidibuatuntuk:
1.         memenuhisalahsatutugasbilamanasiswatelahmelaksanakanPraktekKerjaIndustri (PRAKERIN) di salahsatu Perusahaan/Institusi;
2.         Memberikankesempatanuntukdapatberinisiatifsehinggamemiliki rasa percayadiri;
3.         Menambahwawasandanpengalamanbagipenulis;
4.         Untukmemperjelasgambaranmengenai proses pengelolaan system administrasi di kantorDinas Perkebunan ProvinsiJawa Barat padaBidangProduksi Perkebunan ;
5.         Denganmembuatlaporaninidiharapkanakanadakesinambungandalamkegiatanbelajardisekolah, jugauntukmemenuhisyaratpenilaiandalambidangadministrasiperkantoran

1.6          ManfaatPrakerin
    Manfaat yang bisadiperolehselamakegiatanPrakerinadalah :
1.         Mendapatpengalamandalambidangbekerja;
2.         Mengetahuisejauhmanaperbandinganpengetahuan yang dipelajaridisekolahdenganprakteklangsungdiduniakerja;
3.         Dapatmengambilkesimpulandanperbandingan yang selamainibelumpernahdijalanisecarapraktek;
4.         MenambahnilaikompetensidibidangAdministrasiPerkantoran.


1.7          Harapan yang dicapai
a.         Siswa/i yang melaksanakan praktek kerja industri ( PRAKERIN ) mampu berpikir dan bertindak kreatif daninopatif;
b.         Mampu mengambangkan ilmu pengetahuan lingkungan dunia kerja yang didapatkan di sekolah serta dapat mengenali lingkungan dunia kerja secara nyata;
c.          Memiliki sikap mental disiplin serta tanggung jawab yang tinggi untuk menjadi seorang wirausahawan yang siap untuk bekerja;
d.             Mampu bekerja secara tekun, teliti dan produktif supaya pekerjaan yang dihasilkan memuaskan;

1.8          Waktu danTempat

             Peraktek kerja industri dilakukan selama kurang lebih tiga bulan, dimulai tanggal 14 Januari 2013 sampai 28 April 2013 yang bertempat di DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT Pada Bidang Produksi Perkebunan yang bealamat di Jalan Surapati No.67 Bandung. Telp (022) 2504422. Fax.(022) -2509066. Website: www.disbun.jabarprov.go.id email : disbun@jabarprov.go.id


1.9              Sistematika Pembahasan

Untuk mempermudah penyusunan laporan ini, maka disusun sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I
:
Bab ini menjelaskan tentang Latar belakang dan Tujuan serta manfaat Penulisan dan systematika penulisan.
.
BAB II
:
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Tinjauan Kajian pustaka yang meliputi defines kantor, fungsi kantor, perlengkapan kantor, peralatan kantor dan hal-hal yang berangkutan dengan aktivitas perkantoran.

BAB III

:
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai Tinjauan Instansi mencakup sejarah Instansi, struktur organisasi sertaVisi Misi.

BAB IV




BAB V


:




:
Pada Bab ini Menjelaskan tentang pembahasan hasil prakerin, kegiatan-kegiatan prakerin serta hal-hal yang berangkutan dengan situasi dan kondisi di lapangan.


Bab ini merupakan bab terakhir yang menguraikan tentang kesimpulan penulisan laporan serta saran yang ditujukan kepada perusahaan tempat Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).








                                                                                            

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

Pada bab ini, penyusun akan membahas mengenai teori-teori yang berhubungan dengan PRAKERIN yang penyusun laksanakan di DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT pada bidang Produksi Perkebunan. Adapun teori-teori tersebut akan dipakai pada BAB IV dimana teori-teori tersebut dijadikan sebuah panduan kepada penyusun dalam melaksanakan pekerjaan selama PRAKERIN.
            Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) tidak akan pernah lepas dari istilah perkantoran, oleh karena itu penyusun akan mengulas sedikit tentang pengertian kantor, fungsi kantor dan yang lainnya.

2.1               Definisi Kantor
Secara etimologis kantor berasal dari bahasa Belanda yaitu “Kantoor” yang maknanya ruang atau tampat kerja, tempat kedudukan pimpinan, jawatan instansi dan sebagainya. Dalam bahasa inggris “Office” yang memiliki makna yaitu: tempat memberikan pelayanan (service) posisi, atau ruang tempat kerja.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kantor adalah balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan atau juga disebut tempat bekerja.
Kantor merupakan tempat atau gedung yang terdiri dari beberapa ruangan untuk melakukan pekerjaan, tulis menulis, surat-menyurat dan di dalamnya terdapat fasilitas penunjang pekerjaan.Beberapa ahli mengemukankan pendapatnya mengenai definisi kantor, yaitu:
a.    J.C. Denyer dalam bukunya Office Administration, mengatakan bahwa Kantor adalah setiap tempat dimana biasanya pekerjaan kantor dilakukan, dengan nama apapun juga diberikan kepada tempat tersebut.
b.    Prof. Dr. Prajudi Atmosudirjo, mengatakan bahwa kantor adalah Unit Organisasi yang terdiri Tempat, Staff Personil, dan Operasi Ketatausahaan guna membantu Pimpinan.
c.     Drs. Moekijat dalam Tata Laksana Kantor, menyatakan bahwa Kantor adalah sebagai Tempat dimana pekerjaan Tata Usaha dilaksanakan.
d.    Drs. A.S. Moenir dalam Tata Laksana kantor, menyatakan bahwa kantor adalah:
·         Tempat berupa bangunan yang berfungsi sebagai pelindung yang bebas dari hujan dan panas pada orang-orang yang berada di tempat itu.
·         Jenis pekerjaan yang dilakukan pada umumnya tulis-menulis, komunikasi, dan arsip dokumentasi.
·         Terdapat alat-alat kerja, seperti mesin tulis, mesin hitung, mesin ganda, dll. Sedangkan perlengkapannya seperti meja, kursi, rak buku dan fasilitas kerja seperti lampu, air, telepon dan lain-lain.
( Vida Hasana Farida,2008:13).

2.2               Fungsi Kantor
Menurut Geoffry mills dan oliver Standing Ford  bahwa fungsi setiap kantor ialah menyediakan suatu pelayanan mengenai Komunikasi dan Warkat. Fungsi kantor tersebut di perinci menjadi lima kegiatan, yaitu:
a.    Menerima keterangan ( Receiving Information );
b.    Mencatat keterangan ( Recording information );
c.     Mengolah keterangan ( Aranging Information );
d.    Memberikan keterangan ( Giving information );
e.    Melindungi harta kekayaan (Safeguarding Assets ). (Vida Hasana Farida,2008:14).

2.3               Jenis-jenis Pekerjaan Kantor
a.    Berdasaarkan fungsinya, kantor mempunyai berbagai kegiatan yang disebut pekerjaan kantor. Secara sederhana pekerjaan kantor dibagi dalam beberapa hal pokok, antara lain menulis, berkomunikasi, menghitung dan mengelola warkat.(Yatimah,2009:25).

William H.Lefingwell dan Edwin M. robinsonmenyebutkan bahwapekerjaan kantor meliputi:
a.    Menerima, mengelola, dan mengirimkan pesanan;
b.    Menagih;
c.     Surat-menyurat, mendikte, mengetik;
d.    Menyimpan file/warkat;
e.    Menyampaikan utang dan mengumpulkan perhitungan yang belum diselesaikan;
f.     Mengurus, membagi, dan mengirimkan surat;
g.    Memperbanyak warkat dan memberikan alamat;
h.    Menelpon, menerima tamu, melayani pesan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan George Terry terhadapwaktu kerja oleh perusahaan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa ada tujuh macam kegiatan pokok pekerjaan di kantor, yaitu :
b.    Mengetik (typing)
c.     Menghitung (calculating)
d.    Memeriksa (checking)
e.    Menyimpan warkat (filling)
f.     Menelpon (telephoning)
g.    Menggandakan (duplicating)
h.    Mengirim surat(mailing).

2.4               Definisi Perlengkapan dan Peralatan Kantor
2.4.1          Definisi Perlengkapan Kantor
Perlengkapan kantor adalah barang-barang yang di gunakan untuk menghasilkan suatu perkerjaan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan kantor  tidak akan tercapai tanpa adanya pelengkapan kantor. Sebab perlengkapan kantor yang baik, akan memperlancar proses suatu pekerjaan sehingga pencapaian tujuan dapat dicapai secara efektif dan efesien. Perlengkapan Kantor mencakup semua barang yang diperlukan, baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak sebagai sarana pendukung pelaksana tugas.
Adapun jenis-jenis perlengkapan kantor diantaranya yaitu :
a.    Barang bergerak dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut :
·         Barang habis pakai, yaitu barang-barang yang hanya dapat digunakan satu kali  pakai , Hal ini mengandung arti bahwa benda itu tidak selalu harus habis tanpa meninggalkan bekas dalam pemakaiannya.Misalnya: Kertas,karet penghapus,pensil, karbon, map,(stop map), tinta blanko surat, dan sebagainya.
·         Barang tidak habis pakai yaitu barang-barang yang dapat digunakan berulang kali dan tahan lama dalam pemakaiannya. Misalnya Mesin Tik, Pelubang Kertas, Gunting, Hechter, PesawatTelepon, Lemari Arsip,  OHP (Over Head Projector) dan sebagainya.  
b.    Barang tidak bergerak, Misalnya: Tanah, Gedung dan Bangunan.
2.4.2          Definisi Peralatan kantor
Perlatan kantor adalah segenap peralatan alat kantor yang dipergunakan dalam pekerjaan tata usaha. Menuru “The Liang Gie” Peralatan kantor (office supplices) adalah benda-benda yang dipakai habis dalam pelaksanaan sehari-hari oleh pegawai tata usaha. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) peralatan kantor berarti sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan. Jadi peralatan atau media kantorjuga berfungsi sebagai syarat atau upaya untuk mencapai sesuatu.
Berikut ini adalah contoh peralatan kantor :
a.              Pelubang Kertas (Ferporator)
Perforator adalah alat yang dipergunakan untuk melubangi kertas sehingga mudah disimpan dalam snelhecter. Kegunaan dari alat ini adalah untuk membuat lubang pada kertas-kertas surat yang akan dimasukan kedalam snelhecter/ordner. Lubang yang ditimbulkan oleh alat  ini untuk masing-masing kertas adalah Dua buah atau lebih ditempat yang telah ditentukan dengan sekaligus kira-kira sebanyak 10 lembar.
b.              Ordner
Ordner, yaitu alat yang dipergunakan untuk menyimpan dokumen atau surat yang telah diproses, dan umumnya surat-surat yang penting yang pada suatu saat akan dibutuhkan lagi. Dengan menggunakan ordner maka surat akan selalu tersimpan dalam keadaan rapi.
c. Stapler (penjepret kertas).
Penjepret kertas adalah Suatu alat kantor yang dipergunakan untuk membundel kertas menjadi satu dengan jalan menjepretnya, misalnya membunder kertas –kertas dikte,surat dan lain – lain. Alat tersebut dinamakan juga dengan istilah Stapler . Sedang isinya disebut dengan kawat jepret atau setepler atau nietjes.
Kegunaan dari penjepret kertas ini adalah untuk menjepret kertas atau surat agar rapi dan tidak berceceran, pada waktu mengirimkan surat yang lebih dari satu lembar.
1.    Bentuk Penjepret Kertas
Dilihat dari bentuk dan kegunaan dan kemampuanya, maka penjepret kertas ini dapat dibedakan menjadi :
a.    Penjepret kertas kecil, yaitu penjepret kertas yang bentuknya kecil dan mempunyai kemampuan membundel antara 10.
b.    Penjepret kertas sedang, yaitu penjepret kertas yang bentuknya sedang dan mempunyai kemampuan membundel antara 10 sampai 30 lembar.
c.    Penjepret kertas yang besar dan serbaguna, yaitu penjepret kertas yang bentuknya besar dan mempunyai kemampuan membundel lebih dari 30 lembar, biasanya alat ini mempunyai berbagai ukuran isi / penjepret.
2.     Bagian – bagian Penjepret Kertas
a.    Bagian Penekan, letaknya diatas dan dilengkapi dengan persuatu alat penekan.
b.    Bagian isi, letaknya di tengah yang terdiri dari tempat kawat jepret dan perpengendali kawat jepret.
c.    Bagian alas, letaknya di bawah yang dilengkapi dengan lekukan sebagai alat pelipat kawat jepret.


d.      Sneelhecter ( map surat memakai jepitan)
Sneelhecter adalah suatu lipatan karton yang berukuran standar ( folio ) dengan kawat penjepit ditengahnya yang dipergunakan untuk menyimpan surat – surat atau warkat–warkat yang telah diproses shingga dokumen atau surat yang dimasukan tidak lepas dan berserakan surat–surat yang akan disimpan didalamnya terlebih dahulu harus di beri lubang dengan menggunakan perfolator.(Vida Hasna Farida, Hj. Lilis Nurlaela, Asep Sumaryani, 2009: 3).

2.5               Definisi Mesin-Mesin Kantor
Mesin kantor adalah segenap alat yang dipergunakan untuk mencatan, mengirim, menggandakan, dan mengolah bahan keterangan yang bekerja secara mekanis, elektris, elektronik, magnetic atau secara kimiawi. (Vida Hasna Farida:2009: 3).

2.5.1   Komputer    
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaanya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti alat ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya pengolahan informasi eksklusif berhubungang dengan masalah aritmatika tetapi computer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.(http://id.wikipedia.org/wiki/komputer)

2.5.2   Mesin Scan
Mesin scanner adalah sejenis mesin penggandaan yang dapat menyalin ulang kembali berbagai proses, kondisi atau keadaan fisik melalui pembuatan master sheet dengan merekam.Mesin scanner ini seperti mesin foto kopy, yang dapat menyalin ulang kembali.

2.5.3   Pesawat Telepon
Telepon berasal dari bahasa Yunani yaitu terdiri dari buah kata tele yang berarti jauh dan phone berarti bunyi. Telepon merupakan pesawat atau alat penerima getaran bunyi jaraj jauh. Pengertian telepon dalam kehidupan sehari-hari mengandung pengertian mikrofon berfungsi sebagai pengirim suara (yang menghadap mulut), sedangkan telepon berfungsi yang menerima suara (yang menempel ditelinga). (sumber : http//id.shvoong.com/exact-sciences/2112632-pengertian-telepon/).



2.6               Definisi Pelayanan Prima
                Pelayanan adalah suatu kegiatan atau aturan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik dan menyediakan kepuasan pelanggan . Dalam KBBI dijelaskan pelayanan sebagai usaha melayani kebutuhan orang lain. Sedangkan melayani adalah membantu penyiapan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang.
                Pelayanan prima kepada nasabah adalah pelayanan dari setiap individu karyawan kepada setiap nasabah, baik eksternal maupun internal yang dilakukan secara professional.Adapun yang dimaksud dengan sikap professional yaitu, ramah, cepat, informative dan dengan kemampuan kemanusiaan pelayanan orima kepada nasabah yaitu pelayanan dari setiap individu karyawan kepada setiap nasabah yang bertujuan untuk memenuhi harapan memuaskan nasabah.(Sutopo:2001:10)

2.6.1          Sikap yang diperlukan dalam pelayanan diantaranya meliputi :
a.    Ramah;
b.    Sopan;
c.     Rendah hati;
d.    Cepat;
e.    Ekstra;
f.     Cermat;

2.6.2          Fungsi pelayanan Prima
a.    Membedakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain;
b.    Meningkatkan citra perusahaan;
c.     Meningkatkan kunci keberhasilan dalam berbisnis;
d.    Menciptakan dan mempertahankan pelanggan.

2.6.3          Pelayanan prima berdasarkan sikap
Pelayanan prima berdasarkan sikap adalah pemberian pelayanan pada pelanggan dengan fokus kepada perbaikan sikap tenaga pelayanan.
a.       Pelayanan dengan berpakaian serasi
§  Penampilan serasi ddengan caara berhias;
§  Penampilan serasi dengan cara berbusana yang baik;
§  Penampilan serasi dengan ekspresi wajah;

2.6.4          Melayani pelanggan dengan berfikir positif
a.       Melayani pelanggan secara terhormat;
b.      Menghindari sikap apriori (masabodo/acuh)
c.       Menghindari sikap mencari atau memanfaatkan kelemahan pelanggan

2.6.5          Melayani pelanggan dengan sikap menghargai
a.       Menyapa pelanggan atau kolega yang baru datang;
b.      Mendengarkan setiap permimtaan pelanggan;
c.       Melayani pelanggan dengan sikap bijaksana..

2.7               Definisi dan Unsur-unsur Komunikasi
2.7.1          Definisi Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin, “communication” yaitu sama makna. Menurut KBBI, terbitan Balai Pustaka, 2002 komunikasi adalah :
a.    Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesn yang dimaksud dapat dipahami ;
b.    Perhubungan;
Komunikasi dalam penjualan atau bisnis terbagi atas dua bagian, yaitu sebagi berikut :
a.    Komunikasi Verbal (Verbal Comunication)
Komunikasi verbal adalah salah satu cara berkomunikasi yang disampaikan kepada orang lain dalam bentuk tulisan dan lisan, seperti : Mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
b.    Komunikasi Nonverbal (nonvberbal communication)
                                       Komunikasi nonverbal adalah komunikasi dengan menggunakan gerakan-gerakan tubuh atau bahasa isyarat, memakai sesuatu seperti seragam/uniform.

2.7.2          Unsur-unsur Komunikasi
Unsur-unsur komunikasi terdiri atas :
a.         Komunikator, yaitu orang yang menyampaikan pesan, ide, pernyataan, keinginan, dan pertanyaan;
b.         Komunikan, yaitu orang yang menerima ide , pesan, pernyataan, pertanyaan dan keinginan komunikator;
c.          Pesan, yaitu ide atu keinginan dari komunikator yang didukung oleh lambing;
d.         Media, yaitu sarana atau saluran yang menunjang pesan bila komunikan jauh tempatnya atau banyak jumlahnya;
e.         Efek atau feed back, pengaruh dari adanya pesan.(Honitori,2009: 22).

2.8               Pengertian Surat
                Surat merupakan sebuah alat yang penting yang tidak dapat terlepas dan merupakan satu kesatuan  dari kegiatan  Administrasi Perkantoran, karena surat merupakan alat komunikasi secara tertulis. (Tintin Astini,2004:19)
2.8.1          Surat Masuk
Surat masuk adalah surat-surat yang diterima oleh suatu organisasi/perusahaan yang berasal dari seseorang atau dari suatu organisasi.


2.8.2          Surat Keluar
Surat keluar adalah surat yang dikeluarkan/dibuat suatu organisasi/perusahaan unmtuk dikirim kepada pihak lain, baik perseorangan maupun kelompok.

2.9               Pengertian Dokumen dan Dokumentasi
2.9.1          Dokumen
Kata dokumen menurut bahasa Inggris dan Belanda adalah document. Menurut KBBI, Dokumen adalah suatu yang tertulis atau tercetak yang dapat dipergunakan sebagai bukti atau keterangan.
2.9.2          Dokumentasi
Kata dokumentasi berasal dari bahasa Inggris yaitu documentation, sedangkan dalm bahsa latin adalah documentum yang berarti pencarian, penyelidikan, pengumpulan, penyusunan, pemakaian dan penyediaan dokumen untuk mendapat keterangan-keterangan dan penerangan-penerangan dan bukti.Begitu pula menurut Enslikopedi Indonesia, dokumen adalah pencarian pengumpulan, serta praturannya.
Dari pengertian dokumentasi tersebut diatas terdapat dua unsur yaitu kumpulan dokumen-dokumen yang dapat memberikan keterangan atau bukti dan aktivitas yang berkaitan dengan proses pengumpulan dan pengelolaan dokumen secara sistematis serta penyebarluasan kepada pemakai infomasi.

2.10            Definisi Proposal
Proposal adalah rencana kerja yang disusun secara sistematis dan terinci untuk kegiatan yang bersipat formal. Proposal adalah suatu usulan kegiatan perlu dukungan atau persetujuan pihak lain. Proposal adalah sebuah bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. (sumber : http//nindiyahpuspitasri.blogspot.com/2011/04/pengertian proposal.htm|?m=1).


BAB III
OBJEK PRAKERIN
3.1       Sejarah Panjang Lembaga Pengurusan Perkebunan
Pengembangan usaha perkebunan di Kepulauan Nusantara telah berkembang sejak berabad-abad yang lalu, sejalan dengan perkembangan peradaban manusia sebagimana yang disaksikan di Timur Tengah, Cina dan India.  Persentuhan kebudayaan dengan bangsa-bangsa Eropa dimulai pada abad pertengahan yaitu dengan pengusaha bangsa Portugis atas Malaka pada tahun 1511.  Pada tahun 1596 kapal Belanda yang dinakhodai oleh Cornelius de Houtman mendarat di Banten.  Perkebunan Kelapa dan Tebu, sebagaimana digambarkan di dalam mitologi India, telah dikenal di wilayah Nusantara ini sejak tahun 75 Masehi, sedangkan tanaman perkebunan seperti Karet, Teh, Kopi, Kakao, Kelapa Sawit yang bukan tanaman asli wilayah ini, baru dikenal belakangan, yaitu pada abad XIX, bersamaan dengan ekspedisi bangsa Eropa.  Tanaman Karet paling tua ditemukan di Subang (Jawa Barat), yang ditanam pada tahun 1862. 
Sedangkan Tanaman Teh mulai dikembangkan tahun 1824, Kelapa sawit tahun 1848 tetapi baru berkembang pesat pada akhir abad 20 ( tahun 1980-an ), dan Kina tahun 1855.  Tanaman Kakao sebenarnya sudah dibawa oleh bangsa Spanyol ke Indonesia melalui Philipina tahun 1560 dan Kopi tahun 1616, tetapi pertanaman Kakao dan Kopi hancur terserang penyakit karat daun pada tahun 1878.  Pertanaman Kakao ini baru bangkit kembali mulai tahun 1980-an yang  diusahakan oleh perusahaan besar maupun rakyat. Dalam perjalanannya perkebunan mengalami perkembangan yaitu :
a.    Tahun 1982 – 1998 pengembangan komoditi perkebunan rakyat dilaksanakan dalam berbagai kegiatan antara lain melalui pola Unit Pelaksana Proyek (UPP), PIR dan pola Swadaya. Namun pengembangan Perkebunan Rakyat melalui kegiatan pola UPP dan  PIR masih terbatas, sehingga sebagian besar pengelolaan perkebunan rakyat masih secara swadaya.
b.    Tahun 1975 pengembangan tebu rakyat melalui Program TRI (Tebu Rakyat Intensifikasi ) atas dasar Inpres Nomor 9. Program ini berakhir tahun 1997 yaitu dengan dikeluarkannya Inpres Nomor 5 Tahun 1997 Jo Inpres No 5 Tahun 1998.Selanjutnya ditindak lanjuti pengembangan Tebu melalui program PBSN mulai tahun 1976 yaitu pemberian kredit lunak bagi para investor swasta yang mengusahakan perkebunan dalam skala besar.
 Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Barat merupakan Dinas dilingkungan Pemerintah Daerah Jawa Barat yang didirikan pada :
1.    Tahun 1950 dengan nama Kantor Karet Rakyat Cabang Bogor di bawah Kementrian Pertanian.
2.    Pada awal tahun 1953 Kantor Karet Rakyat Cabang Bogor berkembang menjadi Kantor Karet Rakyat cabang Jawa Barat, dan pada awal tahun 1956 ditingkatkan menjadi Jawatan Karet Rakyat Propinsi Jawa Barat
3.    Berdasarkan PP. 64 tahun 1957 terjadi penyerahan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah pada tanggal 28 Mei 1958 dan nama Jawatan Karet Rakyat Propinsi Jawa Barat diganti menjadi Jawatan Karet Rakyat Daerah ( Swatantra ) Tingkat I Jawa Barat yamg berkedudukan di Bogor.
4.    Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Direktur Dana Tanaman Keras Departemen Pertanian tanggal 31 Oktober 1963, Nomor : 44/Sk/DTK/AA/63, pada tanggal 8   November 1963 dibentuk Perwakilan Dana Tanaman Keras Jawa Barat. Sejak tanggal 30 Novenber 1964 sesuai SK Gubernur no.2395/V.I O/Peg/64, Jawatan Karet Rakyat Dati I Jawa Barat dan Perwakilan Dana Tanaman Keras Jawa Barat yang semula berkedudukan di Bogor dipindahkan ke Bandung.
5.    Selain integrasi dua Lembaga tersebut pada saat itu juga di bentuk lagi Badan – Badan dari KOTOE yang disebut Badan Urusan Karet ( BUKARET ) sesuai surat Keputusan Gubernur Jawa Barat tanggal 18 Mei 1964 No. 42/B.I/Eksos/1964, kernudian tahun 1965 disusul dengan pembentukan Badan Urusan Kopra (BUKOPRA).
6.    Denganmeningkatnya tugas – tugas serta volume pekerjaan yang semakin meluas maka Gubernur Jawa Barat menerbitkan SK No : B.IIl/3428/V.46/Prg/SK/65 menetapkan formasi baru Jawatan Karet Rakyat Propinsi Jawa Barat terdiri dari 5 Wilayah dan 15 cabang- cabang di Kabupaten yaitu : Kabupaten Serang, Pandeglang, Lebak, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut,  Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan. Cirebon, Majalengka, Sumedang dan Purwakarta.
7.    Dengan dibekukannya KATOE pada tahun 1965 maka dengan sendirinya Badan BUKARET dan BUKOPRA aktifitasnya terhenti. Disamping itu dengan pengalihannya Dana Tanaman Keras dari Departemen Pertanian ke Departemen Perkebunan dan sebagai akibat Care Takership, maka dalam periode 1965-1968 Jawatan Karet Rakyat dan Dana Tanaman Keras mengalami kegoncangan dalam arti kata hubungan teknis organisatoris dengan Pusat menjadi terhenti, sehingga mengakibatkan tugas pekerjaan dari Pusat terhenti.
8.    Dengan diterbitkanya Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat tanggal 18 Juni 1966 No. 49/Reg/24.D/AF/66 ditunjuk Jawatan Karet Rakyat sebagai satu-satunya Instansi Pemerintah Daerah Jawa Barat yang menangani bidang Perkaretan dan tanaman keras lainnya.
Sebelum diterbitkannya SK. Gubernur Jawa Barat tersebut diatas pengelola urusan Tanaman Keras lainnya, selain tanaman Karet, semula merupakan sebagian tugas dari Jawatan  Pertanian Rakyat Propinsi Jawa Barat Bagian Tanaman Industri. Sehingga setelah diterbitkan SK. Gubernur Jawa Barat tersebut menjadi tugas Jawatan Karet Rakyat yang selain bergerak di bidang Perkaretan juga menangani pengelolaan tanaman Keras lainnya.
 9.   Selanjutnyadalam tahun 1968 dengan dilikuidasikannya Dana Tanaman Keras dan Regrouping Departemen Perkebunan kembali ke Departemen Pertanian, maka melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat tertanggal 12 Juni 1968 No. 147/B/lII/TU/SK/68, mengganti nama Jawatan Karet Rakyat DT I Jawa Barat, menjadi Jawatan Perkebunan Rakyat Propinsi Jawa Barat
10.Sejak 1 Oktober 1970 Susunan Organisasi tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Propinsi Jawa Barat no. 182/PO/V/OM/SK/1970.
11.Pada tahun 1974 Pemerintah menerbitkan Undang – Undang nomor 5 tahun 1974 yang didalamnya diuraikan perubahan nama Jawatan menjadi Dinas. Pada tahun 1975 Pemerintah Republik Indonesia menerbitkan pula Peraturan Pemerintah ( PP ) no. 22/75 tentang penyerahan sebagian urusan Pemerintahan Pusat di Bidang Perkebunan kepada Dati I, yang didalamnya mencakup mengenai pengurusan di Bidang Perkebunan Besar. Bidang Perkebunan Besar ini sebelumnya dikelola oleh Instansi Departemen Pertanian yang ada di daerah yaitu Inspektorat Perkebunan Besar.
12.Dengan terbitnya PP no 22 tahun 1975 tersebut, maka Inspektorat Perkebunan Besar Daerah VI dan Dinas Perkebunan Rakyat Jawa Barat difusikan menjadi Dinas Perkebunan Daerah Propinsi DT I Jawa Barat sesuai Surat Keputusan Bersama Menten Pertanian Republik Indonesia dengan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No : 179 tahun 1976 No:42S/Kpts/Org/1976 Tentang Ketentuan Pelaksanaan PP 22/1975.
13.Terjadinya fusi dibidang Perkebunan tersebut di atas, Pemerintah Jawa Barat menerbitkan Peraturan Daerah ( Perda ) Propinsi Dati I Jawa Barat No. 13/DP.040/PD/1978 tentang pembentukan Dinas Perkebunan Daerah Propinsi Daerah TK I Jawa Barat. Sejak saat itu Dinas Perkebunan mempunyai Cabang Dinas di tingkat Kabupaten, tersebar di 16 Kabupaten DT II yaitu Kabupaten Serang, Pandeglang, Lebak, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Sumedang, Purwakarta dan Subang.
14.Pada tahun 1983 Pemerintah Propinsi Dati I Jawa Barat menerbitkan Peraturan Daerah (perda) no 15 tahun 1983 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Perkebunan Propinsi DT I Jawa Barat.
15.Pada tahun 1984 terbit PERDA no 5 tahun 1984 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Cabang Dinas Propinsi Dati I Jawa Barat.
16.Cabang Dinas Perkebunan ini mencakup sebanyak 20 Kabupaten Dati II yaitu : Serang, Pandeglang, Lebak, Tanggerang, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Sumedang, Subang, Purwakarta, Karawang  dan Bekasi.
Sebagai penyempurnaan dari PERDA No. 15/1975 Pemerintah Propinsi Dati I Jawa Barat, menerbitkan PERDA No. 8 tahun 1986, perubahan yang pertama kali PERDA No.  15/1983 tentang susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Perkebunan Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Barat.
Selanjutnya pada tahun 2000 terjadi Perubahan Struktur Organisasi Dinas Perkebunan berdasarkan PERDA No 15 tahun 2000.
            Pada tahun 2002 sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 821.23/SK.354-A/Peg/2002 tanggal 26 Maret 2002, Seksi Pasca Panen Dan Pemasaran pada Sub Dinas Bina Usaha mengalami perubahan menjadi Seksi Pasca Panen Dan Pemasaran Produk Primer.
Pada tahun 2002 juga , berdasarkan PERDA No 5 tahun 2002 tanggal 12 April 2002, ditetapkan 2 Unit Pelaksana Teknis Daerah ( UPTD ) Dinas Perkebunan Yaitu Balai Proteksi Tanaman Perkebunan dan Balai Pengembangan Tanaman Perkebunan
Dengan diterbitkannya PP. No 41 Tahun 2007 Tentang Organisasi Perangkat Daerah. Pembentukan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat tanggal 19 November 2008, nomor 21 Tahun 2008 tentang Organisasi Dan Tata Kerja.  (diundangkan  dalam lembaran daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2008 Nomor 21  Seri D)
Diterbitkannya Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 113 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas dan Badan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Gubernur Jawa Barat, UPTD Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menambah 1 UPTD lagi jadi UPTD di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat terdiri dari :
1)    Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP).
2)    Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan (BPBTP).
3)   Balai Pengawasan dan Pengujian Mutu Benih Tanaman   Perkebunan  (BP2MB).

3.2       STRUKTUR ORGANISAI DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT
Pembentukan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat tanggal 19 November 2008, nomor 21 Tahun 2008 tentang Organisasi Dan Tata Kerja.  (diundangkan  dalam lembaran daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2008 Nomor 21  Seri D)
(1)  Kepala Dinas
(2)  Sekretaris, membawahi :
-   Sub Bagian Kepegawaian dan Umum
-   Sub Bagian Keuangan
-   Sub Bagian Perencanaan dan Program
(3)  Kepala Bidang Pengembangan SDM, Kelembagaan dan permodalan, membawahi :
-   Kepala Seksi Pengembangan SDM
-   Kepala Seksi Kelembagaan
-   Kepala Seksi Permodalan
(4)  Kepala Bidang Produksi Perkebunan, membawahi :
-    Kepala Seksi Tanaman Semusim
-    Kepala Seksi Tanaman Tahunan
-    Kepala Seksi Sarana Produksi
(5)  Kepala Bidang Pengolahan, Pemasaran, dan Usaha Perkebunan membawahi :
-    Kepala Seksi Pengolahan Hasil Perkebunan
-    Kepala Seksi Pemasaran Hasil Perkebunan
-    Kepala Seksi Bina Usaha Perkebunan
(6)  Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Perkebunan membawahi :
-   Kepala Seksi Penataan Lahan Perkebunan
-   Kepala Seksi Prasarana Perkebunan
-   Kepala Seksi Pengendalian
Menurut Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 113 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas dan Badan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Gubernur Jawa Barat, UPTD Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat terdiri dari :

 1)    Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan membawahi :
-  Subbagian Tata Usaha
-   Kepala Seksi Sarana Teknologi Pengendalian Hama Terpadu
-   Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Pengendalian Hama Tepadu

 2)    Kepala Balai Pengembangan Benih Tanaman Perkebunan membawahi :
-   Subbagian Tata Usaha
-   Kepala Seksi Pengembangan Benih
-   Kepala Seksi Pemasaran Benih

3)    Kepala Balai Pengawasan dan Pengujian Mutu Benih Tanaman Perkebunan mebawahi :
-   Subbagian Tata Usaha
-   Kepala Seksi Pengawasan Benih
 -   Kepala Seksi Pengujian Mutu Benih
3.3       TUGAS POKOK DAN WEWENANG BIDANG PRODUKI  PERKEBUNAN
Bidang Produksi Perkebunan mempunyai tugas pokok mengkaji bahan kebijakan teknis, dan pembinaan dibidang budidaya tanaman tahunan, budidaya tanaman semusim dan sarana produksi.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud ayat (1) pasal ini, Bidang Produksi Perkebunan mempunyai fungsi :

a. pengkajian bahan pedoman teknis dan pembinaan budidaya tanaman tahunan;
b. pengkajian bahan pedoman teknis dan pembinaan budidaya tanaman semusim;
c. pengkajian bahan pedoman teknis dan pembinaan pengelolaan sarana produksi.

Rincian Tugas Bidang Produksi Perkebunan:
a. menyelenggarakan pengkajian perencanaan di bidang produksi perkebunan;
b. menyelenggarakan pengkajian pedoman teknis dan pembinaan budidaya tanaman tahunan;
c. menyelenggarakan pengkajian pedoman teknis dan pembinaan budidaya tanaman semusim;
d. menyelenggarakan pengkajian pedoman teknis dan pembinaan pengelolaan sarana produksi;
e. menyelenggarakan sosialisasi dan pembinaan bidang produksi perkebunan;
f. menyelenggarakan monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang produksi perkebunan;
g. menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
h. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan.

3.3.1           Bidang Produksi Perkebunan membawahkan:
a. Seksi Tanaman Tahunan.
Seksi Tanaman Tahunan mempunyai tugas pokok menyusun bahan kebijakan teknis dan pembinaan budidaya tanaman tahunan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada Ayat
(1)pasal ini, Seksi Tanaman Tahunan mempunyai fungsi :
a. penyusunan bahan pedoman teknis dan pembinaan budidaya tanaman  tahunan;
b. penyusunan bahan pengendalian budidaya tanaman tahunan.

Rincian Tugas Seksi Tanaman Tahunan :
Ø  melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data yang berkaitan dengan tanaman tahunan;
Ø  melaksanakan inventarisasi, identifikasi dan analisis data budidaya tanaman tahunan;
Ø  menyusun program kerja Seksi Tanaman Tahunan;
Ø  melaksanakan penyusunan bahan pedoman teknis intensifikasi, rehabilitasi, peremajaan, diversifikasi, perluasan dan pengembangan komoditas tanaman tahunan;
Ø  melaksanakan penyusunan pedoman pembinaan teknis budidaya tanaman tahunan;
Ø  melaksanakan pembinaan penerapan teknologi budidaya tanaman tahunan;
Ø  melaksanakan sosialisasi sesuai bidang tugas Seksi Tanaman Tahunan;
Ø  melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan yang berkaitan dengan tugas Seksi Tanaman Tahunan;
Ø  imenyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait;
Ø  melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
b. Seksi Tanaman Semusim
Seksi Tanaman Semusim mempunyai tugas pokok menyusun bahan kebijakan teknis dan pembinaan tanaman semusim.
a.    Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) pasal ini, Seksi Tanaman Semusim mempunyai fungsi :
b.    penyusunan bahan pedoman teknis dan pembinaan budidaya tanaman semusim;
c.     penyusunan bahan pengendalian budidaya tanaman semusim.

Rincian Tugas Seksi Tanaman Semusim:
Ø  melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data yang berkaitan dengan tanaman semusim;

Ø  melaksanakan inventarisasi, identifikasi dan analisis data budidaya tanaman semusim;

Ø  menyusun program kerja Seksi Tanaman Semusim;
melaksanakan penyusunan bahan pedoman teknis intensifikasi, rehabilitasi, peremajaan, diversifikasi,
Ø  perluasan dan pengembangan komoditas tanaman semusim;
melaksanakan penyusunan pedoman pembinaan teknis budidaya tanaman semusim;
Ø  melaksanakan pembinaan penerapan teknologi budidaya tanaman tahunan;
Ø  melaksanakan sosialisasi sesuai bidang tugas Seksi Tanaman Semusim;
Ø  melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan yang berkaitan dengan tugas Seksi Tanaman Semusim;
Ø  menyelenggarakan koordinasi dengan unit kerja terkait; melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.

c.             Seksi Sarana Produksi
Seksi Sarana Produksi mempunyai tugas pokok menyusun bahan kebijakan teknis dan pembinaan dibidang sarana produksi.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) pasal ini, Seksi Sarana Produksi mempunyai fungsi :

a.       penyusunan bahan pedoman teknis dan pembinaan pengelolaan sarana  produksi perkebunan.
b.      pelaksanaan pembinaan pengelolaan sarana produksi perkebunan.

Rincian Tugas Seksi Sarana Produksi:
Ø  melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data yang berkaitan dengan sarana produksi perkebunan;
Ø  melaksanakan inventarisasi, identifikasi dan analisis data sarana produksi perkebunan;
Ø  menyusun program kerja Seksi Sarana Produksi;
Ø  melaksanakan penyusunan bahan pembinaan
Ø  pengelolaan dan pengendalian penggunaan sarana produksi serta alat dan mesin perkebunan;
Ø  melaksanakan pembinaan dan sosialisasi pengelolaan sarana produksi serta alat dan mesin perkebunan;
Ø  melaksanakan penilaian dan pengawasan mutu sarana produksi serta alat dan mesin perkebunan;
Ø  melaksanakan pemantauan, pengawasan penyaluran dan penggunaan sarana produksi serta alat dan mesin perkebunan;
Ø  melaksanakan penyusunan bahan laporan dan evaluasi kegiatan Seksi Sarana Produksi;
Ø  melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait.
Ø  melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
3.4  VISI DAN MISI
3.4.1              VISI DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT 2008 – 2013
"TERCAPAINYA MASYARAKAT AGRIBISNIS PERKEBUNAN YANG MANDIRI, DINAMIS DAN SEJAHTERA " 
Penjabaran makna yang terkandung dalam Visi Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat tersebut adalah sebagai berikut;
Masyarakat Agribisnis Perkebunan  adalah masyarakat yang berkiprah dalam dunia usaha perkebunan mulai dari off farm sampai kepada on farm.
Mandiri  adalah  Masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhannya untuk lebih maju, dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatan sendiri, terutama dalam bidang agribisnis perkebunan.
Dinamisadalah  Masyarakat yang secara aktif mampu merespon peluang dan tantangan zaman serta berkontribusi dalam proses pembangunan perkebunan.
Sejahtera adalah  Masyarakat yang secara lahir dan batin mendapatkan rasa aman dan makmur  dalam menjalani kehidupannya.


3.4.2              MISI DINAS PERKEBUNAN PROVINSI JAWA BARAT
Sejalan dengan visi  tersebut, maka Misi Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat adalah sebagai berikut :  
1.    Meningkatkan Kapasitas Produksi dan Produktivitas Usaha Perkebunan,
2.    Meningkatkan Mutu hasil, Nilai Tambah dan Pemasaran Produk Usaha Perkebunan,
3.    Meningkatkan Pemberdayaan Sumber Daya Perkebunan




                                                                                                                                                     

BAB IV
HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Penulis dalam Bab IV ini, akan menjelaskan mengenai hasil Praktek Kerja Industri di Dinas Perkebunan (DISBUN)Provinsi Jawa Barat, dimana Penulis ditempatkan pada Bidang Produksi Perkebunan. Dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri ini, penulis mencoba menyesuaikan dengan program pengajaran kemampuan Siswa yang terdapat dalam Buku Jurnal Pelaksanaan Praktek Kerja Industri tahun Ajaran 2012/2013 untuk kelas XI.
Proses kerja yang dilaksanakan penulis selama melaksanakan kegiatan praktek kerja industri (PRAKERIN) di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat diantaranya:
1.    Rekap Proposal
2.    Pengetikan/Mengonsep Surat
3.    Menghasilkan Dokumen sederhana
4.    Memberi Nomor surat
5.    Menyusun Dokumen
6.    Menggunakan Peralatan Kantor
Hal tersebut Penulis lakukan agar supaya Pelaksanaan Prakerin ini sesuai dengan tujuan program Pengajaran termaksud, meskipun tidak secara keseluruhan penulis jabarkan/jelaskan dalam laporan ini, seperti mengenai mendokumentasian, hal tersebut diakibatkan karena banyak dokumem-dokumen penting dan rahasia yang ada di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat di Bagian Bidang Produksi Perkebunan dalam menangani dokumen-dokumen.

4.1     Menggunakan  peralatan dan Perlengkapan kantor
4.1.1               Penjepret Kertas (Hecht machine)
3.                   Cara penggunaan penjepret kertas
Penggunaan penjepret kertas ini harus disesuaikan dengan jumlah halaman kertas yang akan dijepret. Bila kita ingin menjepret kertas hanya 6 lembar, pergunakanlah ukuran yang kecil, dan bila kita hendak menjepret kertas untuk buku, pergunakan  yang besar. Caranya adalah sebagai berikut :
a.    Masukan satu kawat jepret pada bagian isi penjepret ketas dengan posisi ujung di bawah;
b.    Ratakan terlebih dahulu kertas – kertas yang akan di bundel tersebut, terutama bagian tepi yang tidak akan dijepret.
c.    Bagian kertas yang akan dibundel diletakan pada bagian alas tepat pada lekukan pelipat;
d.    Setelah siap lakukan penekanan dengan menekan alat penekanan dengan wajar. Tangan kanan memegang penjepret keatas dengan posisi ibu jari diatas dan telunjuk dibagian alas, sedangkan tangan kiri digunakan untuk memegang kertas. Dan apabila kita mempergunakan penjepret besar maka tangan kanan sepenuhnya memegang bagian penekan;
e.    Kertas surat lainya yang mempunyai halaman tipis hendaknya menjepretkan isi, jangan pada posisi miring, tetapi harus sejajar dengan tepi kertas yaitu kira- kira 2 cm dari sebelah kiri dan 1 ½ cm dari ujung atas kertas.

4.1.2               Pelubang kertas (Perpolator)
1.                   cara mempergunakan pelubang kertas:
a.    Tekukan kertas yang akan dilubangi menjadi dua bagian yang sama tengah (sama lembar ) untuk memetakan titik tengah dan ratakan bagian tepi kertas.
b.    Masukan kertas yang sudah mempunyai bekas lipatan tersebut pada alat pelubang kertas dengan memperhatikan petunjuk alat yang menunjukan garis (titik tengah panjang kertas ditempatkan lurus pada ujung petunjuk titik tengah );
c.    Setelah yakin tidak ada ruangan yang kosong antara kertas dengan batas masukan kertas, maka lakukanlah penekanan, yaitu menekan “ alat penekan “ dengan telapak tangan secara wajar sampai kertas itu berlubang.
4.1.3               Ordner.
Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
Ø  Buka bagian penutup ordner dengan cara menarik bagian luar atau jilid seperti pada buku ke atas;
Ø  Tarik kawat penjepitnya keatas;
Ø  Masukan dokumen yang sudah dilubangi dengan pelubang kertas;
Ø  Tekan kembali kawat penjepitnya kea rah bawah;
Ø  Terakhir tutup kembali bagian penutup ordner.

4.1.4               Sneelhecter ( map surat memakai jepitan )
                Sneelhecter adalah suatu lipatan karton yang berukuran standar ( folio ) dengan kawat penjepit ditengahnya.
Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
Ø  Buka bagian penutup sneelhecter dengan cara menarik bagian luar atau jilid seperti pada buku ke atas;
Ø  Lepaskan bagian penutup kawat penjepinya;
Ø  Masukan dokumen atau warkat yang akan disimpan;
Ø  Pasang kembali bagian penutup kawat penjepitnya dan tutup kembali bagian penutupnya.

4.1.5               Komputer
Komputer memiliki prosedur yang harus kita perhatikan.Langkah pertama yang perlu di ketahui adalah bagaimana cara mengaktifkan dan mematikan komputer dengan benar.
Penulisan dalam melaksanakan peraktek di Bidang Produksi Perkebunan tidak lepas dari peralatan kantor ini (komputer ), adapun program koputer yang banyak dipakai adalah Microsoft word,guna membuat surat – surat.
Begitu dianggap pentingnya perangkat komputer ini, sehingga dianggap perlu sekali dipakai dan dimengerti cara-cara mangaktifkan dan mematikan computer ini, oleh sebab itu, penulis akan menjelaskan secara singkat cara-cara mengaktifkan dan memastikan komputer ini.
1)    Prosedur untuk mengaktifkan computer adalah
a.    Pastikan semua kabel power sudah terhubung dengan aliran listrik
b.    Hidupkan CPU (Central processing Unit ) dengan menekan tombol on atau power di casing
c.     Hidupkan Momitor dengan menekan tombol on pada monitor
d.    Tunggu hingga booting selesai, lalu akan muncul tampilan windows yang kita pergunakan.
2)    Prosedur untuk mematiakan komputer adalah
a.    Klik tombol start yang berbeda pada taskbar
b.    Lalu klik tombol Turn Off Computer
c.    Setelah muncul tampilan yang menampilkan 3 pilihan yaitu :
·      Standby;
·      Turn Off;
·      Restart;
·      Maka yang harus di pilih adalah yang Turn Off.

4.1.6               Mengetik Data pada Ms. Word / Excel;
Ø  Ms. Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis.
Ø  Langkah – langkah memulai aplikasi Ms. Word, yaitu :
·         Pilih tombol star di pojok kiri bawah tampilan window;
·         Setelah muncul tampilan menunya, kemudian Ms. Office dan pilih;
·         Ms. Office Word 2007;
·         Kemudian akan muncul gambar berikut,  sebagaimanaTerlampir.

4.1.7          Mesin scan
Mesin scanner adalah sejenis mesin penggandaan yang dapat menyalin ulang kembali berbagai proses.
Adapun langkah – langkah penggunaanya adalah sebagai berikut :
Ø  Pastikan semua kabel terpasang dan terkoneksi;
Ø  Hidupkan mesin scan dengan menekan tombol power yang sudah tersedia;
Ø  Masukan kertas atau data yang akan discan pada bagian yang sudah disediakan;
Ø  Buka aplikasi adobe photoshop atau corel draw pada komputer;
Ø  Selanjutnya klik file lalu import;
Ø  Terakhir simpan data sesuai tempat dan tipe file yang kita butuhkan.

4.1.8          Pesawat Telepon
Kegiatan prakerin di kantor dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat khususnya pada Bidang Produksi Perkebunan tidak lepas dari mesin komunikasi berupa telepon.
Adapun cara menggunakannya sebagai berikut:
a.    Menerima Telepon Masuk
Ø  Menyiapakan alat tulis, letakkan didekat pesawat telepon. Agar mudah diperlukan.
Ø  Catatlah nomor – nomor telepon penting yang sering dibutuhkan dan letakanlah di meja kerja, untuk memudahkan bila diperlukan.
Ø  Janganlah berbicara dengan orang ketiga pada waktu menelepon.
 Dalam pembicaraan telepon, kata – kata harus diucapkan dengan jelas, perhatikanlah volume suara. Anda, bicaralah dengan lancar dan nada suara tidak boleh datar.
Ø  Angkatlah gagang telepon sebelum ketiga kalinya.
Ø  Jawablah dengan memberikan identitas Anda, segera tanyakan siapa yang mengajak bicara, apabila penelepon tidak menyebutkan identitas
Ø  jangan dihubungkan dengan pimpinan, walaupun dalam keadaan mendesak.
Ø  Apabila pimpinan tidak ada ditempat, dan Anda tidak dapat membantu penelepon mengatasi persoalan, jangan memberitahukan pimpinan bisa ditemui.
Ø  Apabila panggilan telepon datang, sedangkan Anda sedang melayani pembicaraan dengan telepon lainnya, katakan bahwa Anda harus menerima telepon lain. Mintalah kepada penelepon pertama agar mau menunggu, jawablah panggilan penelepon kedua, mintalah padanya supaya dia mau menunggu sementara Anda menyelesaikan pembicaraan pertama, serta minta maaf karena harus menunggu. Sekretaris yang bertanggung jawab penuh atas kelancaran menerima telepon dan menelepon dapat membina hubungan baik antara kantor dengan kantor lain.

4.2                   Membuat Surat
Dalam melakukan Praktek Kerja Industri, dimana penulis ditempatkan pada bagian Produksi Perkebunan,pernah membuat surat Tugas.

4.2.1          Surat Tugas
Surat Tugas adalah Naskah Dinas yang berisi Pemberitahuan Penguasaan dari Pihak atasan kepada bawahan untuk melakukan tugas atasan.
a.    Surat Tugas:
b.    Kepala Surat Tugas
c.    Isi Surat Tugas
d.    Bagian Akhir Surat Tugas
e.    Penandatangana
4.3     Mengelola Surat Masuk
4.3.1.        Penyortiran surat
Langkah yang pertama-tama dilakukan oleh Bagian Penerimaan Surat adalah memilah-milahkan surat. Surat dapat dipilah berdasarkan :
a.       Unit Organisasi
Surat-surat dikelompokkan menurut tujuan surat, yaitu kepada pimpinan dan kepada unit organisasi di mana surat itu ditujukan.
b.      Macamnya
Surat-surat di dikelompokkan menurut kelompok surat dinas, wesel, giro, surat pribadi, surat dinas, surat tercatat, dan sebagainya.
c.       Klasifikasinya
Pemilahan selanjutnya, terutama surat-surat dinas dikelompokkan menurut surat kila/sangat segera (harus diterima dalam waktu 1 x 24 jam), surat segera (diterima maksimal 2 x 24 jam), dan biasa (maksimal 5 hari harus diterima).
4.3.2.        Pembukaan sampul
Setelah surat-surat itu dipilah-pilahkan seperti di atas, selanjutnya dilakukan pembukaan sampul. Semua surat-surat yang bersampul dibuka dengan teliti kecuali surat-surat rahasia dan surat-surat pribadi.
Langkah pembukaan surat yang paling baik hendaknya dilakukan seperti berikut :
a. Surat yang bersampul tertutup memanjang, sebaiknya dibuka dengan menggunakan pisau. Caranya yaitu letakkan surat itu di atas meja, bagian penutup amplop ada di sebelah atas. Tindih surat dengan tangan kiri dan masukkan pisau ke dalam bagian penutup sampul, kemudian dorong pisau sampai memotong tutup sampul surat. Yakinkan agar surat di dalam jangan sampai terpotong.
b. Sampul yang tertutup melebar, sebaiknya dibuka dengan menggunakan gunting. Geserkan surat yang ada dalam sampul ke arah bagian yang tidak akan digunting. Caranya yaitu dirikanlah amplop surat, kemudian dihentak-hentakkan perlahan-lahan ke meja. Peganglah surat dengan tangan kiri, selanjutnya dengan menggunakan tangan kanan, potonglah bagian ujung sampul surat dengan gunting.
Saat ini telah tersedia alat pembuka amplop yang digerakkan secara elektronik yakni pegawai hanya memasukkan ujung amplop yang akan dibuka, letakkan secara perlahan dan pastikan tidak sampai merusak surat yang ada di dalamnya. Alat tersebut akan membuka amplop surat tersebut dengan mudah dan cepat.
4.3.3.        Mengeluarkan surat dari sampul
Langkah berikutnya yaitu mengeluarkan surat-surat dari masing-masing sampulnya yang telah dibuka. Mengeluarkan surat dari dalam sampulnya harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai surat itu terkoyak atau robek karena ada kemungkinan surat itu masih menyangkut kesampulnya. Cara yang baik, lakukanlah seperti berikut :
a. Untuk surat yang sampulnya terbuka memanjang, renggangkanlah bagian yang terbuka dengan ibu jari kedua tangan, dan ambillah surat dari dalam sampulnya dengan jari-jari tangan kanan. Pastikan bahwa semua surat yang ada dalam sampul telah dikeluarkan.
b. Untuk surat yang sampulnya melebar, tekanlah kedua sisi sampul dengan jari-jari tangan kiri hingga bekas mengguntingnya terbuka. Balikkan amplop surat hingga bagian bekas mengguntingnya ada di bagian bawah, kemudian ambil ah surat dari dalam sampul. Pastikan bahwa semua isi sampul telah dikeluarkan dengan baik, jangan sampai ada yang tertinggal.
4.3.4.        Pembacaan surat
Surat-surat yang telah dikeluarkan dari sampulnya, kemudian dibaca dan diteliti apakah surat-surat tersebut ada alamat dalamnya atau tidak, apakah surat-surat itu ditujukan kepada pimpinan atau langsung kepada pejabat/unit yang menangani masalahnya, apakah surat-surat itu ada lampirannya atau tidak, apakah surat itu terdiri dari satu lembar atau lebih dan penelitian lain-lain yang ada kaitannya dengan surat tersebut.
Apabila surat itu ada alamat dalamnya, maka sampul surat dapat dipisahkan dan bila tidak ada alamat dalamnya, maka sampul surat harus dilekatkan kepada surat tersebut dengan menggunakan stapler. Selanjutnya diteliti apakah surat itu untuk pimpinan atau pejabat/unit yang menangani masalahnya. Di samping itu diteliti apakah surat itu ada lampirannya atau tidak. Bila ada, agar dicocokkan dengan keterangannya dan bila lampirannya ini ternyata tidak sesuai, agar dicatat bahwa lampirannya tidak sama. Demikian juga bila surat terdiri lebih dari satu lembar, agar diusahakan jangan sampai terpisah antara lembar yang satu dengan lembar lainnya.
4.3.5.        Pencatatan surat
Surat yang sudah diolah seperti tersebut di atas, selanjutnya dicatat dalam buku agenda menurut klasifikasi dan kualifikasi masing-masing surat.
Pencatatan surat sangat diperlukan untuk mempermudah pengendalian surat-surat tersebut. Pencatatan surat masuk pada buku agenda dimulai dari nomor 1 pada bulan Januari dan berakhir nomor terakhir dalam satu tahun, yaitu nomor terakhir pada tanggal 31 Desember. Pencatatan surat masuk selalu dilakukan pada setiap terjadi pemindahan dan penyimpanan.

4.3.6          Mendisposisikan Surat Masuk
Lembardisposisisecara umum berisi informasi nonverbal untuk diterjemahkan secara seksama dan ditindak lanjuti.Disposisimerupakan petunjuk singkat tentang tindak lanjut (penyelesaian) terhadap suatu urusan atau surat masuk. Disposisi dibuat oleh pimpinan untuk staf atau bawahan sesuai dengan bidang keahlian atau kewenangannya.Tujuan pembuatan disposisiialah agar staf dapat menindaklanjuti atau menyelesaikan suatu urusan atau surat masuk sesuai dengan yang dikehendaki oleh pimpinan. Tindak lanjut dapat berupa surat balasan, tindakan-tindakan lain dalam rangka menyelesai kan urusan tersebut.
Sebelum diserahkan kepada pimpinan, surat masuk terlebih dahulu dikendalikan oleh bagian administrasi dan diberi lembar disposisi. Pengisian lembar disposisi yang menyangkut masalah pengagendaan seperti indeks, kode, nomor urut, dan data-data tentang surat dilakukan oleh bagian administrasi. Indeks, kode, dan nomor urut berisi kata/sandi yang bisa digunakan untuk merunut kembali dimana letak surat tersebut dalam agenda ataupengarsipan.
Selanjutnya pimpinan mendisposisikan siapa yang diberi tugas atau tanggung jawab untuk menindak lanjuti, sesuai dengan intruksi.
4.3.7          Pembagian Surat
Setelah surat-surat dicatat dalam buku agenda atau Kartu Kendali seperti tersebut di atas, kemudian surat-surat itu dikirim kepada pihak yang dituju oleh surat-surat tersebut. Surat untuk pimpinan disampaikan kepada sekretaris pimpinan dan surat-surat untuk pejabat-pejabat/unit yang dimaksudkan oleh surat, disampaikan kepada petugas atau sekretaris pejabat yang bersangkutan. Untuk pengiriman, dilakukan lagi pencatatan dengan menggunakan buku pengiriman/buku ekspedisi. Petugas/sekretaris pimpinan yang menerima surat harus membubuhkan tanda terima pada buku agenda


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

5.1          Simpulan
       Sesuai dengan data yang diperoleh dan dianalisa dari hasil Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang penulis uraikan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1.       Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat merupakan suatu organisasi  pemerintahanyang bergerak pada bidang perkebunanyang mempunyai tugas wewenang dan tanggung jawab merumuskan kebijakan operasional di bidang Perkebunan merupakan sebagian kewenangan desentralisasi Propinsi, dan kewenangan yang dilimpahkan kepada Gubernur berdasarkan asas dekonsentrasi dan tugas pembantuan.
Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana yang dimaksud pada pasal ini, Dinas mempunyai fungsi :
·     Perumusan kebijakan teknis operasional di bidang perkebunan;
·     Penyelenggaraan pelayanan umum di bidang perkebunan;
·     Fasilitasi di bidang Perkebunan;
·     Penyelenggaraan ketatausahaan.
2.       Menurut penelitian yang selama penulis melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin), Bidang Produksi Perkebunan mempunyai tugas pokok mengkaji bahan kebijakan teknis, dan pembinaan dibidang budidaya tanaman tahunan, budidaya tanaman semusim dan sarana produksi.
3.       Pengelolaan administrasi perkantoran di Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat Khususnya di Bidang Produksi Perkebunan secara administrasi sudah terkoordinasi dengan baik, mulai dari kelembagaan, pengelolaan surat, sistem kearsipan, dan sistem administrasi lainnya, meskipun didalam lingkup organisasinya belum berjalan secara sempurna.

5.2          Saran
                Untuk melengkapi laporan ini maka penulis akan memberikan beberapa saran yang berkaitan dengan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) untuk Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat yaitu sebagai berikut :
1.         Kekompakan dan disiplin kerja yang sudah berjalan pada saat ini harus lebih ditingkatkan dan dipertahankan untuk menuju kesempurnaan tatanan kerja.

2.         Penulis berharap proses kerja yang sudah baik agar ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai terutama dalam penanganan dan pengolahan data baik secara fisik maupun digital berdasarkan Pedoman Administrasi Bidang Produksi Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat agar proses kerja berlangsung secara efektif dan efesien.

                                Demikian simpulan dan saran dari penulis yang dapat disampaikan dengan memohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan atau tidak diinginkan oleh pihak terkait, mudah-mudahan saran yang penulis sampaikan dapat kiranya bermanfaat bagi kita semua.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar